Selasa, 19 Juni 2012

 Perancangan Game simulasi safety riding

Godham eko saputro, S.Sn
Program Magister Desain - Konsentrasi Desain dan Digital Media
Beasiswa Unggulan - BKLN Diknas
FSRD ITB 2011
Abstraksi 

Data tingkat kecelakaan di jalan raya selalu didominasi oleh sepeda motor. Tiga faktor yang menjadi penyebab kecelakaan di jalan, yaitu manusia, kendaraan dan lingkungan. Faktor penyebab kecelakaan tertinggi adalah manusia. Kecerobohan pengendara (human error) acap kali menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Di atas sepeda motor pengendara saling berebut untuk dapat secepatnya sampai ketempat tujuan masing-masing. Hal ini yang seringkali menyebabkan terjadinya kecelakaan
Untuk menekan angka kecelakaan, solusi yang ditawarkan adalah menggunakan media aplikasi game selain buku-buku teori tentang lalu-lintas maupun bimbingan dan penyuluhan oleh petugas terkait. Aplikasi tersebut harus berupa simulasi yang didesain semirip mungkin dengan teknik berkendara yang baik dan benar beserta tips dan triknya, yang diharapkan menyadarkan masyarakat betapa pentingnya berkendara sesuai kaidah safety riding.
Meningkatnya perkembangan desain dan teknologi telah memicu perkembangan penggunaan game ponsel karena para penggunanya tidak mengenal usia dan waktu. Maka pendekatan riset mengacu pada lintas disiplin ilmu, seperti ilmu psikologi, safety riding, game studi, semiotika, dan desain instruksional. Secara teknis, struktur game ini memanfaatkan teknologi touch screen dan accelerator pada tablet PC. Game yang dimaksud dapat diunduh di app market Android dan dimainkan pada acara-acara yang berkaitan dengan safety riding, sehingga memperlihatkan bahwa game simulasi safety riding sangat dibutuhkan oleh masyarakat demi terciptanya kondisi lalu lintas yang aman, tertib serta efisien.


(Kata kunci: human error, safety riding, game studi)


Image by Godham eko saputro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar