Kamis, 21 Juni 2012


Introduksi Safety riding
Image by Godham eko saputro

Apa safety riding itu?

Safety riding adalah Tata cara berperilaku dalam mengendarai sepeda motor yang memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi diri sendiri maupun pengguna lalu lintas lainnya (misalnya pembonceng, pengendara motor, pengemudi mobil, pejalan kaki, penyeberang jalan, dan lain-lain).



Apakah safety riding perlu digalakkan?

safety riding perlu semakin digalakkan seiring pertumbuhan penjualan sepeda motor yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Dominasi sepeda motor di jalan raya tanpa didukung kesadaran akan pentingnya safety riding akan berakibat sangat fatal karena rentan terhadap kecelakaan lalu lintas.


Apakah faktor-faktor penyebab kecelakaan?

Ada tiga faktor yang menjadi penyebab kecelakaan di jalan, yaitu manusia, kendaraan dan lingkungan. Adapun faktor penyebab kecelakaan tertinggi adalah manusia. Kecerobohan pengendara (human error) acap kali menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Human error umumnya terjadi akibat dari kurangnya pemahaman pengendara sepeda motor terhadap teknik penguasaan berkendara, etika dan komunikasi di jalan raya.


Apakah upaya-upaya menekan jumlah kecelakaan jalan raya?   

Mengadakan Kampanye safety riding,baik berbentuk kursus berkendara, penerbitan buku atau media digital, seperti game. Tentunya dengan menggandeng pihak ATPM, Swasta, kepolisian, Dishub, atau komunitas sepeda motor. Seluruh lapisan masyarakat harus turut bahu membahu menanggulangi permasalahan di jalan raya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar