Senin, 23 Juli 2012


 Genre-genre dalam game

Genre atau jenis game adalah format, tipe, atau gaya dari sebuah game. Genre game digunakan untuk mengkategorikan sebuah game berdasarkan interaksi gameplay daripada perbedaan tampilan atau narasi. Format sebuah game bisa murni sebuah genre atau campuran (Hybrid) dari beberapa genre lain, bertujuan agar pemainan  lebih variasi dan menantang. Berikut ini adalah beberapa jenis game yang beredar di pasaran:
1.      RPG (Royal Playing Game)
Game ini adalah game yang berbasis strategi, unsur experince, atau levelling dalam gameplay-nya. Pemain memiliki kebebasan untuk menjelajah dunia game tersebut, dan dalam beberapa game pemain dapat menentukan ending dari game tersebut. Kebanyakan produsen game cenderung memilih cerita sci-fiction. Contohnya genre RPG adalah Warcraft dan Red Alert.
2.      Puzzle
Sesuai namanya game ini berisikan mengenai pemecahan teka-teki, menyusun balok, menyamakan warna bola, melewati labirin, perhitungan matematika, dan sebagainya. Seiring perkembangan genre ini memiliki unsur edukasi dan petualangan. Contoh yang populer adalah Tetris, Bomberman, Minesweeper, Sokoban, dan Bejeweled.

3.      FPS (First Person Shooting)
FPS adalah genre tembak-menembak yang ciri-ciri utamanya adalah penggunaan sudut pandang orang pertama yang membuat pemain berada dibelakang senjata. Jenis ini biasanya berupa misi untuk suatu tujuan tertentu dengan penggunaan senjata jarak jauh. Contoh yang populer adalah Counter Strike, Call of Duty, dan Point Blank.

4.      Pertarungan (Fighting)
Dalam genre pertarungan, pemain dapat mengeluarkan jurus-jurus ampuh, memerlukan kecepatan refleks dan koordinasi antara mata dan tangan. Inti dari game ini adalah hafal penguasaan jurus dan combo untuk mengalahkan lawan secepat mungkin. Genre fighting biasanya bertarung satu lawan satu dalam sebuah arena yang sempit. Seri Tekken, Street Fighter, Virtua Fighter, Mortal Kombat, dan King of Fighter adalah contohnya.
5.      Petualangan (Adventure)
Game petualangan menekankan pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat. Contohnya adalah Indiana Jones, God of War, Tomb Raider, dan Assasins Creed.

6.      Strategi (Strategy)
Game strategi menitikberatkan pada kemampuan berpikir dan organisasi. Layaknya bermain catur, setiap gerakan pemain harus hati-hati dan terencana. Game jenis ini terbagi atas:
a)      Real time Strategy, ketika game berjalan dalam waktu sebenarnya, pihak pemain dan lawan secara serentak memutuskan setiap langkah atau mengeksekusi strateginya. Contoh: Starcraft, Warcraft, dan Command and Conquer.
b)      Turn based Strategy, game ini berjalan secara bergiliran layaknya catur saat pengambilan keputusan dan menggerakan pasukan. Saat pemain mengambil langkah, pihak lawan akan menunggu. Contoh: Front Mission, Final Fantasy tactics, Master of Orion, Super robot wars, dan Heroes of might and magic.

7.      Olahraga (Sport)
Genre ini membawa sebuah euforia berolahraga dalam sebuah sebuah video game. Termasuk dalam genre ini adalah Winning Eleven, FIFA, NBA, dan Tony Hawk Pro Skater.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar