Selasa, 24 Juli 2012


   Simulasi (Simulation)

Game simulasi bertujuan untuk memberi pengalaman melalui simulasi keadaan sebenarnya. Game simulasi biasanya melibatkan seorang pemain, dengan akhir yang ditentukan secara bebas oleh pemainnya. Beberapa game simulasi membutuhkan banyak membaca instruksi sebelum memainkan. Jenis dari genre ini antara lain: Flight Game, Racing Game, Space Game, Train Game, dan Vehicular (Car) Combat. Sedangkan contoh yang populer adalah SimCity series, Need For Speed (NFS) Series, Falcon 4.0, Rail Simulator, dan RoadBlasters.
Berikut adalah beberapa kategori game simulasi berdasarkan jenis materi yang disimulasikan, antara lain: 

a)  Simulasi konstruksi dan manajemen: Adalah game simulasi dalam kegiatan mengelola, misalnya mengelola sebuah kota. Contoh dari genre ini adalah SimCity series yang sekarang masih sangat populer dan berdampak besar pada game sejenis lainnya. SimCity series berpotensi mengandung beberapa aspek kecerdasan emosi, terutama aspek relasi sosial (relationship). SimCity series termasuk juga dalam genre God Game karena pemain berkemampuan seperti Tuhan/ dewa yang bisa memanipulasi dunia.


b)      Simulasi Kencan, adalah game simulasi untuk mencari teman kencan, seperti 7Sins.

c)  Simulasi kendaraan: adalah game simulasi yang berusaha memberikan pemain sebuah pengalaman realistik mengendarai kendaraan-kendaraan tertentu, seperti 18 Wheels American Haul.

d)    Simulasi medis, adalah game simulasi yang berkegiatan seperti dalam dunia medis, contohnya adalah ER.

e)      Simulasi kehidupan: adalah game simulasi tentang kehidupan, seperti Virtual Family.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar